Menjelajahi Keindahan Wisata di Taman Laut Wakatobi Sulawesi Tenggara

Indonesia memiliki banyak sekali tempat wisata bawah laut yang sangat menakjubkan, salah satu tempat wisata bawah laut tersebut adalah Wakatobi. Secara geografis, Wakatobi merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi Sulawesi Tenggara.

Wakatobi sendiri terbagi ke dalam 4 pulau utama yang berada di wilayah tersebut yakni Wangi Wangi, Kalidupa, Tomia, dan Binongko dimana keempat pulau tersebut merupakan kepanjangan dari Wakatobi itu sendiri.

Taman nasional bawah laut Wakatobi menawarkan berbagai macam keindahan pada kehidupan yang berada di bawah laut, baik ikan yang berada di bawah laut maupun terumbu karang yang berada di bawahnya.

Keindahan Taman Laut Wakatobi

keindahan bawah laut wakatobi, terumbu karang wakatobi

Perlu kita ketahui bahwa taman bawah laut ini telah diresmikan sejak tahun 1996. Mulai pada saat itu banyak sekali para wisatawan yang memilih untuk melakukan wisata di Wakatobi.

Hal ini dikarenakan keindahan serta kekayaan alam yang berada di bawah laut yang dimiliki oleh taman nasional Wakatobi tersebut. Tidak kurang dari 750 species koral yang menghuni wilayah perairan Wakatobi tersebut.

Banyaknya species koral yang berada di tempat tersebut membuat dunia bawah laut di wilayah tersebut menjadi tempat yang indah di dunia untuk kegiatan menyelam. Selain dihuni oleh species koral dengan jumlah yang amat banyak, perairan Wakatobi juga dihuni oleh berbagai macam jenis ikan yang sangat indah.

Oleh sebab itu banyak turis dari mancanegara yang memanfaatkan liburan untuk mengunjungi Wakatobi dan memanfaatkan waktu untuk menyelam menikmati keindahan dunia bawah laut yang berada di Wakatobi.

Diving Di Taman Laut Wakatobi

diving di wakatobi, keindahan bawah laut wakatobi, taman bawah laut wakatobi

Perairan Wakatobi sendiri memiliki kedalaman yang sangat bervariasi dengan bagian yang paling dalam sekitar 1044 meter. Dengan kedalaman tersebut tentu membuat berbagai jenis ikan dan terumbu karang dapat hidup secara alami.

Setidaknya terdapat 25 gugusan terumbu karang yang berada di dalam perairan daerah Wakatobi tersebut. Dengan kedalaman yang bervariasi tentu juga menimbulkan banyaknya biota laut yang mendiami wilayah tersebut sehingga menjadikan suatu keindahan tersendiri.

Selain biota laut, ada juga berbagai macam jenis burung laut yang mendiami wilayah perairan Wakatobi. Beragam keindahan yang ada di Wakatobi tentu sangat menarik minat para wisatawan untuk menyempatkan diri mengunjungi keberadaannya.


EmoticonEmoticon